Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Selasa, 13 Maret 2012

Resume Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

        Resume ini dibuat berdasarkan ulasan yang disampaikan oleh kelompok 1. sedikit penjelasan mengenai penentuan harga permintaan dan penawaran bahwa :

     Permintaan adalah suatu barang atau jasa kepada konsumen dari berbagai jenis,tingkatan dan waktu. Adapun hukum permintaan : "apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan" . Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas di pasar.

Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :

  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga barang lain yang berkaitan.
  • Tingkat pendapatan.
  • Selera konsumen
  • Ekspektasi/perkiraan

  Sebagai produsen yang menyediakan barang atau jasa haruslah bertindak inovatif dan inspiratif untuk mendapatkan konsumen pasar secara global, kompetitor disinilah yang berperan penting untuk meriset pasar yang ada dimasyarakat.

       Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia oleh penjual dari beberapa tingkat dan selama periode waktu tertentu. Harga barang dianggap sebagai faktor terpenting dan sering dijadikan acuan untuk melakukan analisis penawaran. Adapun bunyi hukum penawaran yaitu "Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan". Penawaran harga menjadi pertimbangan sejumlah konsumen untuk membeli suatu produk/barang jika dirasa penawaran sesuai yang diharapkan disana akan terjadi transaksi dengan persetujuan kedua belah pihak terlebih dahulu. Penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain harga barang, tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, harga bahan baku, serta harapan, spekulasi, atau perkiraan.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates