Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 04 Januari 2013

Windows 8


BAB I

1. LATAR BELAKANG MASALAH
Kesuksesan yang diraih oleh Windows 7 kelihatannya membuat Microsoft semakin percaya diri. Sejak itu dikabarkan Microsoft mulai mempersiapkan OS lanjutan yang dibuat sebagai generasi pengganti dari sistem operasi Windows 7. Operating system ini kemudian diperkenalkan kepada umum dengan nama Windows 8.
Windows 8. Megaproyek perusahaan raksasa piranti lunak komputer Microsoft ini memang telah mulai digaungkan sejak lama. Sistem operasi ini sudah dirilis bulan februari 2012 lalu, yang berarti hanya berjarak sekitar 3 tahun sejak rilis Windows 7 pada Oktober 2009 lalu.
Sudah demikian banyak isu dan spekulasi beredar sehubungan dengan proyeknya. Banyak orang dibuat penasaran seperti bagaimana antarmuka penggunanya nanti, inovasi baru apa yang akan digunakan oleh Microsoft, dan sebagainya.

2. IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah dapat diidentifikasikan masalah yang ada sebagai berikut :
- Jenis – jenis yang ada pada windows 8
- Apa saja kelebihan/kekurangan yang ada pada windows 8
- Bagaimana pengaruhnya windows 8 setelah kehadirannya dipublikasikan

3. PERUMUSAN MASALAH
Sesuai dengan identifikasi masalah diatas, maka permasalahan dalam proposal ini dapat dirumuskan dengan “Mengetahui dari mulai apa itu windows 8,jenis jenisnya,hingga pengaruhnya setelah sesaat windows 8 diluncurkan”

4. TUJUAN
Tujuan saya mengambil judul Windows 8 adalah :
-          Memahami apa itu windows 8
-          Mengetahui Jenis jenis yang ada pada windows 8
-          Fitur fitur atau kelebihan dan kekurangan di windows
-          Bagaimana dampak dari keluarnya OS baru dari microsoft


5. MANFAAT
Manfaat nya adalah dapat memberikan hak akses besar kepada pengguna untuk mengeksplorasi fitur fitur yang disuguhkan Microsoft secara bersamaan dalam 1 OS yaitu windows 8 serta memahami lebih jauh tentang windows 8




BAB II
1. LANDASAN TEORI
A. PENGERTIAN
Windows 8 adalah nama kode untuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.

Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet sentuh.
B. JENIS JENIS WINDOWS 8
Windows 8 akan diluncurkan hanya dalam empat versi yaitu untuk pengguna rumahan, untuk kalangan bisnis, untuk perangkat yang menggunakan chip ARM, dan untuk perusahaan besar yang membeli dalam jumlah banyak.
Windows 8 : Versi ini hanya untuk kalangan rumahan juga versi paling dasar yang menyasar kalangan pengguna biasa. Fitur-fiturnya termasuk tampilan Start Screen baru, aplikasi-aplikasi utama seperti Mail, Music, Calendar, Internet Explorer 10, Windows Store, dan desktop
Windows 8 RT : Windows RT atau Windows Runtime adalah nama baru untuk versi sistem operasi yang selama ini disebut Windows on ARM. Versi ini tidak bisa dibeli bebas, karena sudah di-instal langsung pada PC atau tablet yang menggunakan prosesor ARM.
Windows RT tidak akan bisa menjalankan peranti lunak untuk desktop X86/64, tapi akan menjalankan aplikasi-aplikasi berorientasi sentuhan (touch-oriented) berbasis Windows Runtime (atau WinRT), model pemrograman untuk aplikasi mobile dari Microsoft. Windows RT akan dilengkapi versi khusus yang berorientasi sentuhan untuk Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote.

Windows 8 Pro : Untuk kalangan bisnis namanya "Windows 8 Pro" di antaranya memuat fitur untuk mengenkripsi sebuah sistem file, virtualisasi, dan manajemen domain.
Windows 8 Enterprise : Windows 8 Enterprise adalah versi yang ditujukan untuk perusahaan besar yang biasanya membeli sistem operasi dalam jumlah banyak. Di dalamnya memuat semua fitur yang ada di Windows 8 Pro ditambah fitur-fitur yang dibutuhkan dalam manajemen dan penyebaran PC, fitur keamanan tingkat lanjut, virtualisasi, dan banyak lagi.

C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WINDOWS 8

KELEBIHAN

Windows Store
Pengembang aplikasi (developer) menyambut hangat kedatangannya, yang diyakini membawa angin segar dalam hal pengembangan maupun bisnis. Kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada di Windows 8?

Microsoft kini membuka toko aplikasi online di Windows 8, yang diberi nama Windows Store. Dengan adanya toko aplikasi online ini, para pengguna diharapkan tertib mengunduh aplikasi dari Windows Store. Ini memudahkan developer dalam mengontrol aplikasi mereka.

Windows Store membuka peluang bagi developer Indonesia untuk menembus pasar global. Microsoft telah membuka pendaftaran akun Windows Store sejak Agustus 2012 . Agar sebuah aplikasi masuk ke Windows Store, dibutuhkan penilaian yang cukup ketat.

Agar sebuah aplikasi bisa masuk ke Windows Store, pihak pengontrol dari Microsoft memeriksa terlebih dahulu konten dan kerapihan tampilan antarmuka penggunanya (User Interface/UI). Waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan itu kurang lebih sepekan. Jika UI sebuah aplikasi menyimpang dari ketentuan, bisa jadi tidak lolos.

Selain kategori game, aplikasi yang ingin masuk ke Windows Store, diharuskan mengusung tampilan Windows 8-style UI, mengacu pada desain kotak-kotak seperti bentuk lantai. Tampilan ini sebelumnya akrab disebut Metro Style. Namun, sejak Agustus lalu, Microsoft mengubah nama Metro Style menjadi Windows 8-style UI. Selain itu, developer juga bisa memanfaatkan fitur Live Tile untuk menyajikan konten terkini dan Charm Bar agar aplikasi terkesan lebih hidup dan interaktif. Windows 8 kini tidak hanya berjalan di PC, tapi juga di tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur x86 dan ARM.

Keberadaan komputer kategori baru convertible, juga membuka peluang bisnis baru bagi developer. Convertible adalah komputer yang bisa difungsikan sebagai tablet ataupun PC. Beberapa produsen komputer membuat komputer yang bisa digeser. Jika dibuka atau digeser ke atas, ia akan berwujud seperti notebook. Tapi jika ditutup atau digeser ke bawah, ia nampak seperti tablet. Ada pula produsen yang membuat tablet, namun disertai dengan dock papan ketik (keyboard).

Convertible menjawab permasalahan pengguna tablet yang selama ini kurang nyaman bekerja dengan sentuhan jari. "Bagaimanapun, banyak orang yang lebih nyaman bekerja dengan keyboard, touchpad, ataupun mouse," kata Farid saat dijumpai KompasTekno beberapa waktu lalu.

Di sinilah tantangan baru bagi developer, bagaimana membuat aplikasi untuk dua modus bentuk fisik,sehingga aplikasi tersebut nyaman digunakan saat convertible difungsikan sebagai tablet maupun PC.

Logo Baru
Sudah menjadi kebiasaan dalam tiap perilisan versi terbaru sistem operasi Windows akan dibuat logo yang mewakili semangat OS yang baru itu. Kali ini Windows 8 punya logo baru yang lebih simpel daripada versi-versi sebelumnya. Logo ini merupakan hasil kerjasama Microsoft dan perusahaan konsultan desain Pentagram. Dapat dilihat pada gambar evolusi logo Microsoft Windows dari versi rilis pertama atau Windows 1.0 sampai dengan Windows 7. Logo baru Windows 8 tersebut terdiri dari siluet sebuah jendela berkemiringan kecil di sebelah kiri dengan tulisan ‘Windows 8’ di sebelah kanan. Logo ini hanya terdiri dari satu warna yakni biru muda, namun nantinya akan dapat diubah sesuai dengan keinginan pengguna. Meskipun terbilang sangat sederhana, pemilihan logo ini dilakukan setelah memelajari filosofi Windows 8 itu sendiri. Ia merepresentasikan konsep Metro yang diusung sebagi interface Windows 8 yang terkenal dengan bentuk panel kotak-kotak persegi yang disebut tile.

Interface Metro
Tidak seperti halnya generasi Windows lama yang mengandalkan fungsi Start atau Superbar untuk menuju aplikasi yang akan dibuka, tampilan Metro menawarkan akses langsung kepada para pengguna untuk membuka suatu aplikasi. Mungkin seperti fungsi shortcut, namun disini fungsi tersebut dinamai tile. Tile ini berbentuk seperti kotak-kotak persegi berwarna yang memiliki fungsi-fungsi tertentu dan dapat diatur seperti yang diinginkan oleh pengguna.
Meskipun menggunakan tampilan Metro namun masih disertakan juga tampilan desktop tradisionalnya dengan tersedianya pilihan Desktop View. Dengan mengeklik tombol ’Desktop’ maka pengguna dapat merasakan kembali suasana lama sistem operasi Windows. Wallpaper, panel Taskbar, dan tombol “Start” atau yang kini disebut Superbar berlogo Windows di sudut kiri bawah.
Pengenalan Multi-Perangkat
Pada September lalu melalui sebuah konferensi yang dinamai BUILD, Microsoft memperkenalkan OS Windows 8 ini namun masih dalam versi developer preview. Pada konferensi yang diadakan di Anaheim, California ini Microsoft mengundang sedikitnya 5000 orang yang berasal dari kalangan pengembang. Tujuannya selain memperkenal OS baru ini, juga adalah untuk mengujicoba dan mengetes aplikasi yang akan dikembangkan. Dapat dilihat dalam foto, Corporate Vice President of Windows Planning, Hardware & PC Ecosystem, Microsoft, Michael Angiulo memdemonstrasikan OS Windows 8 melalui perangkat tablet Samsung Prototype PC with Windows Developer Preview. Pada latar belakang dapat dilihat perangkat-perangkat lain yang juga telah dibenamkan Windows 8 (desktop, notebook).
Didesain untuk penggunaan layar sentuh tidak serta merta membuat Microsoft mengabaikan pengalaman pengguna dalam menggunakan perangkat mouse dan keyboard. Windows 8 akan tetap nyaman digunakan di lingkungan perangkat non-sentuh. Selain itu ia juga dibangun agar dapat berfungsi pada berbagai perangkat seperti tablet, PC desktop, laptop, maupun netbook.
Terintegrasi Media Sosial
Microsoft menyadari di era global saat ini tak dapat dielakkan lagi bahwa kehidupan manusia sangat bergantung pada interaksinya dengan orang lain. Terlebih di era modern dimana kemajuan teknologi membawa dampak yang signifikan terhadap cara hidup seseorang. Interaksi sosial sekarang tidak hanya dapat dilakukan melalui tatap muka langsung akan tetapi sudah dapat dilakukan melalui perangkat-perangkat canggih masakini. Seolah tidak ada lagi jarak dan waktu tempuh antar tempat di berbagai belahan dunia. Dengan adanya internet, saat ini kesemuanya telah saling terhubung
Dan keterhubungan itulah yang disadari oleh Microsoft dengan mengintegrasikan aplikasi jejaring sosial dalam sistem operasinya. Windows 8 akan menghadirkannya melalui apps seperti Tweet@Rama, Photo Picker dan Socialite. Dengan cara ini pengguna dapat melakukan update status dan cek timeline secara realtime dengan tanpa harus membuka web-browser tertentu.

KEKURANGAN

Sejak windows 8 hadir, Microsoft menginginkan agar semua aplikasi (kecuali game) dapat mengadopsi tampilan Windows 8-style UI. Beberapa pengembang aplikasi sebenarnya kurang nyaman dengan peraturan ini. Semua aplikasi akan terlihat sama, dengan desain kotak-kotak. Dalam pelatihan membuat aplikasi Windows 8, pertanyaan semacam ini sering dilontarkan para developer.

Ada pula developer yang menganggap tampilan kotak-kotak ukuran terkecil di Windows 8 masih terlalu besar. Jika pengguna memasang banyak aplikasi, maka akan terlihat banyak kotak-kotak berjejer ke kanan. Pengguna harus terus menggeser halaman tampilan utama untuk mencari aplikasi yang hendak dibuka. Namun, pengguna ini bisa mengatasi masalah ini dengan masuk ke modus tampilan desktop.

Untuk membuat aplikasi di Windows, dibutuhkan software Visual Studio, yang di dalamnya terdapat alat-alat untuk membangun aplikasi. Bagi perusahaan rintisan (startup), harga software Visual Studio terbilang mahal. "Kalau mau bikin aplikasi keren, pakai Visual Studio versi Express. Tapi harga lisensinya mahal. Ini berat untuk startup yang masih merintis seperti kita," kata Dedi Mulyana dari Garuda Studio asal Bandung.

Para developer juga berharap, Microsoft dapat melakukan sosialisasi mendispilinkan pengguna agar mengunduh aplikasi dari Windows Store. Ini dilakukan untuk menekan angka pembajakan aplikasi. Selain itu, beberapa developer juga berharap Microsoft bisa menjual aplikasi berbayar dalam mata uang Rupiah, sebagau upaya meningkatkan kesadaran menggunakan aplikasi berbayar, dan dapat mendorong penciptaan aplikasi lokal.


D. PENGARUH DENGAN HADIRNYA WINDOWS 8
            Windows 8 diproyeksikan sebagai sistem operasi masa depan. Sebagaimana diyakini bahwa di masa depan nanti, fungsi mouse yang selama ini dominan akan mulai digantikan oleh layar sentuh. Sejak dimulainya era tablet lewat hadirnya iPad oleh Apple, juga perangkat-perangkat cerdas lain seperti smartphone berbasis touchscreen. Disadari atau tidak para pengguna mulai membiasakan diri dengan penggunaan layar sentuh. Bergesernya model ini membuat Microsoft berinovasi pada OS Windows-nya melalui antarmuka pengguna yang dinamainya Metro.
Antarmuka pengguna Metro ini sebenarnya sudah digunakan oleh Microsoft sejak membesut Windows Phone 7 for Smartphone. Interfacenya dibuat sesimpel mungkin, namun tetap indah sehingga diharapkan dapat memudahkan sekaligus memanjakan pengguna. Dan meskipun Windows 8 ini dirancang untuk digunakan dengan fitur layar sentuh namun akan tetap berfungsi baik dengan pengunaan mouse maupun keyboard.

2. HYPOTESIS
Pada windows 8 yang diperkenalkan bulan oktober 2012 lalu memiliki kelebihan yang ada pada operating system lanjutan dari os win 7 ini, tampilan yang diusung microsoft sebagai interface Windows 8 yang terkenal dengan bentuk panel kotak-kotak persegi yang disebut tile.
Ada beberapa jenis windows yang diperkenalkan keranah public yaitu windows 8,windows RT,windows pro dan windows enterprise.masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan nya.

BAB III

1. KESIMPULAN
Pengembang aplikasi (developer) menyambut hangat kedatangan operating system yang dikeluarkan microsoft, yang diyakini membawa angin segar dalam hal pengembangan maupun bisnis. Windows 8 Megaproyek perusahaan raksasa piranti lunak komputer Microsoft ini memang telah mulai digaungkan sejak lama. Sistem operasi ini sudah dirilis bulan februari 2012 lalu, yang berarti hanya berjarak sekitar 3 tahun sejak rilis Windows 7 pada Oktober 2009 lalu.
Windows 8 akan diluncurkan hanya dalam empat versi yaitu untuk pengguna rumahan, untuk kalangan bisnis, untuk perangkat yang menggunakan chip ARM, dan untuk perusahaan besar yang membeli dalam jumlah banyak.

Windows 8 diproyeksikan sebagai sistem operasi masa depan. Sebagaimana diyakini bahwa di masa depan nanti, fungsi mouse yang selama ini dominan akan mulai digantikan oleh layar sentuh. Sejak dimulainya era tablet lewat hadirnya iPad oleh Apple, juga perangkat-perangkat cerdas lain seperti smartphone berbasis touchscreen. Disadari atau tidak para pengguna mulai membiasakan diri dengan penggunaan layar sentuh. Bergesernya model ini membuat Microsoft berinovasi pada OS Windows-nya melalui antarmuka pengguna yang dinamainya Metro.

2. SARAN
Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saya sangat menerima kritik dan saran yang membangun agar penulis bisa membuat dan belajar dari proposal yang sudah dibuat untuk lebih baik lagi

3. DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_8
“Microsoft Umumkan Jadwal Rilis Windows 8” oleh Kompas Tekno
"ewindows Windows 8 UI Style Apps Developer Downloads”  oleh  Msdn.microsoft.com




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Nie kayak skripsi gan??=_=
proposal ko gini??

DHANY mengatakan...

hehe iya mepet2 kesitu lah gan..dosen softskill gw minta buat proposal kaya pembuatan skripsi gitu..ya gw tulis aja proposal :P

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates