Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 26 September 2012

Pemanfaatan Grafik komputer & Pengolahan Citra

         As you know dizaman sekarang teknologi berkembang secara cepat, ini terlihat dari developer yang ingin mengembangkan teknologi ini secara maximal, pangsa pasar juga menjadi investasi yang menjanjikan untuk bisa menawarkan produksi nya kepada konsumen. dari pemanfaatan tersebut terlihat sekarang mudahnya mengakses informasi dimana saja dan kapan saja termasuk pemanfaatan grafik komputer & pengolahan citra.


         Grafik komputer dinilai efektif untuk berbagai kalangan yang membutuhkan teknologi berbasis software ini diperusahaan perusahaan banyak untuk mendesain berbagai gambar secara lebih real/asli. berawal dari grafik komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer, Kemudian grafik komputer mengalami perkembangan yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafik komputer 3D 



      Grafik komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. 


Pemanfaatan diberbagai bidang :

1.Pada bidang perancangan
Dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
2.Pada bidang hiburan
Banyak sekali contoh dalam bidang hiburan. Misalnya pada film, grafik komputer menghasilkan spesial efek pada film2 action / efek animasi yang terlihat seperti asli 
3.Pada bidang pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui infokus,dimana teknologi grafik komputer ini memunculkan gambar yang lebih besar,mudah serta bisa digunakan diberbagai tempat lewat cahaya yang dipantukan.

      Pada Pengolahan Citra, Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.

Pemanfaatan pengolahan citra sangat banyak dalam berbagai bidang diantaranya bidang seni fotografi, kedokteran, dan keamanan.

- Seni fotografi ilmu grafik komputer merupakan ilmu wajib karena langsung berhubungan dengan editing foto atau seni dalam mengolah foto tersebut.
- Dalam ilmu kedokteran contohnya seperti penerapan x-ray.
- Dalam bidang keamanan seperti pendeteksi sidik jari atau fingerprint.

Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan bidang yang berhubungan dengan proses transformasi citra atau gambar. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang lebih baik. Sedangkan Pengenalan Pola (Pattern Recognition), bidang ini berhubungan dengan proses identifikasi obyek pada citra atau interpretasi citra. Proses ini bertujuan untuk mengekstrak informasi atau pesan yang disampaikan oleh gambar atau citra..

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates