Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Senin, 26 September 2011

Batik Menjadi Tolak Ukur Kebudayan Indonesia

Batik, siapa yang tidak tahu batik ? pada hari jum'at tanggal 2 oktober tahun 2009 lalu UNESCO telah menetapkan batik menjadi salah satu warisan budaya indonesia yang sudah dikenal oleh seluruh dunia. batik adalah kerajinan dengan nilai seni tinggi, dibuat oleh tangan tangan trampil dari budaya leluhur indonesia. Menjadikan batik begitu indah dengan ciri khas indonesia yang bercorak dan begitu banyak kebudayaan. Dewasa ini banyak batik yang sudah berkembang dari mulai batik kontemporer hingga batik fraktal yang sekarang sedang populer.

                                               gambar 1 : batik kontemporer madura

Secara sederhana, fraktal adalah konsep matematika yang membahas kesamaan pola pada semua skala. Pola batik yang sudah diterjemahkan dalam rumus fraktal, dimodifikasi dengan bantuan teknologi komputer sehingga menghasilkan desain pola baru yang sangat beragam. Keragaman desain ini dapat dilihat dari grafis, warna, ukuran, sudut dan perulangannya. Proses pembuatan motif Batik Fraktal dapat memecahkan masalah keterbatasan desain motif batik, bahkan dapat menghasilkan banyak motif secara cepat.

Anda tahu bahwa 99 % pengusaha batik yaitu berasal dari usaha mikro (kecil/perumahan) dan tentu saja ini akan menyerap tenaga kerja yang banyak bahkan sangat berguna bagi yang ingin belajar batik juga bekerja disana. Penjualan batik pun hingga menembus pasar dunia seperti Melbroune,Abu Dhabi,Malaysia dan negara - negara lain. Banyak cerita cerita inspiratif orang indonesia yang sudah sukses dengan batiknya.



gambar 2 : proses pembuatan batik fraktal dengan menggunaka software khusus untuk membuat batik


Kreatifitas yang dihasilkan bangsa ini memang tidak ada habisnya, indonesia kaya akan peninggalan dan kebudayaan yang patutnya dijaga dari sekarang sehingga tidak ada yang mengaklaim kembali budaya yang sudah jelas jelas milik negara indonesia. Batik adalah satu dari dari kebudayaan indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa dikancah internasional.

At all im proud to be indonesian people bahwa kita mempunyai bangsa yang kreatif tapi disatu sisi kenyataan yang ada belum dikelola dengan baik oleh orang indonesia. enggannya anak muda indonesia untuk melestarikan budaya nya sendiri karena beranggapan bahwa terlalu kuno untuk dipelajari dan terpaku oleh budaya modern yang kebarat baratan.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates